Jumat, 12 April 2013

Ketika Gelisah, Hanya pada Alloh Tempat Kita Bergantung


Ya Rabb,,,kepadaMu kami sebagai hambaMu mengirimkan "surat" isi hati hamba, bukan untuk mengeluh atopun mengadu, hamba hanya ingin berbagi. Berbagi hal yang selama ini hamba simpan sendiri, hamba hanya ingin mencurahkan isi hati hamba hanya kepadaMu,. Selama ini hamba merasa banyak dosa, banyak kesalahan yang hamba perbuat, Engkau lah yang Maha Mengampuni dosa hambanya.
Mengeluh, banyak keluhan yang mungkin tanpa sengaja kami ungkapkan malah terkadang tiada henti kita suarakan, kami  sebagai hamba terkadang lalai akan nikmat Mu yang telah Engkau curahkan. Hanya karena masalah kecil yang terkadang kita besar-besarkan sendiri, kita lupa akan nikmatMu yang tak ternilai dengan nominal apapun. Yah..begini lah kami, hambaMu yang sering kali lalai dan sibuk memikirkan diri sendiri.

Semakin banyak yang kami alami kami semakin sadar dan mengerti, semua yang kami alami telah sesuai dengan kehendakMu, sesuai dengan takdir yang telah Engkau gariskan kepada setiap hambaMu ya Rabb. Kadang ada yang menyesakkan dada, tapi semakin mengerti ada hikmah di setiap musibah, muncul pelangi ketika hujan berhenti. Ketika semua telah kita pasrahkan hanya kepadaNya, hati kita makin tenang, gundah berkurang dan lebih menikmati apa yang kita miliki saat ini, menikmati setiap detik yang terjadi dalam hidup kita.


Ada beberapa tips yang kadang saya lakukan ketika kegelisahan melanda :
1. Memperbanyak sholat sunnah
Dalam sholat dan sujud kita kepadaNya, perasaan lega, tenang dan pasrah berkumpul jadi satu. Sejenak mengalihkan perasaan gudah, dalam sujud kita panjatkan doa dan curahan hati kita hanya pada alloh saja. semakin sering kita melakukan sholat sunah, semakin merasa bukan lagi sholat yang bisa kita lakukan semau kita, tapi merasa menjadi butuh untuk melakukannya. Kalu tidak dilaksanakan merasa ada yg kurang (*kecuali kalo ada tamu yg datang bagi wanita). Dalam sholat kita bisa mencurahkan semua yang berkecamuk di dalam dada, melepaskan semua beban, bukan untuk menyerah dengan keadaan, tapi untuk meminta perlindungan dan petunjuk hanya kepadaNya


2. Memperbanya Sedekah
Sebagian dari rezeki yang kita dapatkan, ada hak orang lain. Terkadang kita lalai untuk berbagi, padahal ada nikmat tersendiri disaat kita bisa memberi ke orang lain, kebahagiaan nya ga bisa di ukur dengan apapun. Melihat senyum, pancaran mata si penerima dan lantunan doa yang tiada henti buat kita, padahal mungkin nominal yang kita beri tak seberapa. Yang begitulah nikmatnya saling berbagi, selain bs mengurangi gelisah di hati..lhoh kog bs? ya bisa, dengan kita memberi kita jdi sadar kalo kita bukanlah orang yang paling menderita sedunia (*lebayy :D) tapi ada yang ada teman beerbagi duka yg mgkn dia lbh berduka ketimbang kita, walu tidak ada ungkapan kata2 saling menderita, tapi pancaran mata kita saling berkata " sabar ya saudaraku kamu tidak sendiri, selalu ada alloh bersama kita :)

3. Melakukan hal yang kita senangi
Hal yang membuat hati kita nyaman, senang dan ga ada paksaaan apapun yang kita lakukan. Bagi yang suka sama taneman yah..ngurus taneman nya, bagi yang suka liat barang2 lucu ya liat lah ke mall...bukan berarti kita suka ngemall gak, cm terkadang kita butuh penyegaran jiwa dan pikiran dengan hal yang membuat kita nyaman. Kalo saya lagi ga enak perasaan gitu seringnya maen ke toko buku, bisa berjam-jam di toko tersebut, gak baca yang rumit2 apalagi tebel2 bukunya yang susah di mengerti tapi yang buku tentang motivasi, buku tentang taneman, masakan atopun fashion, pokoknya yang yang bisa buat saya bugar kembali. Terkadang pergi ke tempat yang sejuk, menikmati alam dan sendiri. sendiri? yah sendiri klo lagi galau *cieee...kata ank muda sekarang sih gitu ;). Saya kadang menyukai kesendirian disaat ada masalah yang melanda, bukannya gak mau berbagi dengan sahabat, karena saya lebih nyaman hanya bercerita kepada alloh saja. Tapi kalo lagi gak pengen kemana2 biasanya saya berselancar di dunia maya, browsing lewat internet, banyak hal yang menginspirasi.

Karena ini hidup kita, jadi kita yang tentukan langkahnya, yakinlah alloh selalu bersama dengan hambaNya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar